Keindahan Gunung Gede Pangrango

Keindahan Gunung Gede Pangrango - Selamat datang penggemar mistery di situs kami Mistery, pada tulisan kali ini yang berjudul Keindahan Gunung Gede Pangrango, saya mencoba untuk membuat ulasan mengenai hal ini secara lengkap sebagai penambah pengetahuan kita bersama yang selalu haus akan fenomena dan misteri dunia. Semoga apa yang kami tuliskan pada Artikel Pecinta Alam, dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Ok, selamat membaca dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media kalian agar bisa memberikan manfaat juga kepada orang lain.

Judul : Keindahan Gunung Gede Pangrango
link : Keindahan Gunung Gede Pangrango

Baca juga


Keindahan Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede merupakan gunung yang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980 silam. Gunung ini memiliki ketinggian 1000 – 3.000 meter diatas permukaan laut (dpl) dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS.

Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan ke sub-alpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia.

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede ini merupakan objek wisata alam yang banyak menarik minat pengunjung domestik dan asing. Adapun beberapa objek wisata yang berada di taman nasional ini antara lain:
-  Telaga biru yakni danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
-  Air Terjun Cibeureum yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
-  Air Panas yang terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
-   Puncak dan Puncak Gunung Gede.  Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota  Cianjur– Sukabumi -Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 meter dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.
-  Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelwiss. Berada pada ketinggian 2.750 meter dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.
Lokasi
Gunung Gede berada di tiga kabupetan sekaligus yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Selesai artikel Keindahan Gunung Gede Pangrango

Kami berharap artikel Keindahan Gunung Gede Pangrango ini, mudah-mudahan bisa memenuhi rasa penasaran kalian akan berbagai fenomena misteri baik yang sudah terpecahkan maupun yang sampai sekarang belum terpecahkan sama sekali. Sampai ketemu lagi di artikel kami selanjutnya

Anda saat ini sedang membuka halaman artikel Keindahan Gunung Gede Pangrango dengan alamat link url https://mistery-angker.blogspot.com/2015/07/keindahan-gunung-gede-pangrango.html

0 komentar

Post a Comment